JUMAT VAROKAH



Jumat Varokah

Hello guys, gw mau kasih sedikit info buat lo semua, kalau hari ini adalah hari jumat dan besok hari sabtu, lusanya hari minggu. Eh bener kan? :P 

Berhubung sekarang hari jumat, jadi gw mau bahas tentang soljum alias solat jumat yang dimana ini sudah menjadi sebuah momen besar bagi ummat muslim di seluruh dunia. Karena selain menjadi salah satu hari raya dalam islam, ternyata hari jumat juga memiliki keutamaan dan keagungan sendiri. Makanya kenapa tulisan ini gw beri judul Jumat 'Varokah'. 

Gw tulis 'varokah' bukan karena gw awam kesusatraan Indonesia atau mau menyimpang dari kaidah EYD (Ejaan yang Disalahkan) eh dibenarkan maksudnya. Gw paham kok kata ‘Varokah’  itu gak ada di KBBI. Mau lu cari sampai Fir’aun bangkit dari kubur juga kagak bakal ketemu. Cz itu Cuma ada di dunia meme, seperti kata kampvret, vintar, lavar, dan varokah. Hehe. 

Ok,  cukup basa-basinya. Sekarang gue mau nanya ke kalian, Khususnya kaum Adam nih, pada solat jumat kagak vrooh? Kalau kalian solat, solat jumatnya dimana? Khatibnya siapa? Khutbahnya tentang apa?  Imamnya baca surat apa? Durasinya berapa lama? Sujudnya berapa kali? Ngadap kiblatnya ke arah mana? Duh malah jadi menyimpang pertanyaanya. Abaikan!

Ya intinya kalian semua pasti pernah ditanya hal semacam itu kan, entah oleh ortu kalian, kaka, adik, sodara, teman, bahkan pacar sendiri. Bagi yang bener bener solat, atau kagak molor pas khutbah, sangat mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi. Tapi bagi yang gak solat, dan lebih memilih nongsky (nongkrong) bisa ditebak bagaimana ekspresi wajah mereka kala ditanya begituan. 

Gw ada cerita menarik, tadi siang anak om gw si Aris, mampir ke rumah gw. Katanya mau ajak gw jalan, tapi berhubung di luar hujan deras, terpaksa deh kita main pes 16 saja di kamar gw. di sela-sela permainan, si Aris cerita. 

“Man, lu kan anak pesantren, gw mau tanya nih soal agama-agama begitu, boleh gak?”

Ya boleh lah ris, insya alloh yang bisa gw jawab, pasti gw kasih tahu” 

Gini man, tadi kan gw solat jumat di mesjid At-taqwa deket Bungur sana, nah tapi masa aneh bangat mesjidnya”. Ujar Aris memulai ceritanya. 

“Hah, aneh gimane maksud lu ris? aneh elunya apa mesjidnya? “ tanya gw balik. Walopun  gw tahu si Aris orangnya memang rada-rada aneh. 

“ Ya kali gw yang aneh, yah mesjidnya lah, eh maksudnya seluruh jamaah sama imam mesjidnya”.

“kok bisa ris?’ tanya gw makin heran. 

Iye man, masa ya solat jumat di sana kagak ada ceremah sama sekali. Ujug-ujug langsung solat aja, kan aneh banget ya”. lanjut Aris dengan wajah serius.

“Yang bener lu ris?”  

“Ya masa gw boong sih sama lu, eh tapi emangnya boleh solat jumat ga ada khutbahnya?” Tanya Aris dengan muka bingung.

“Ya kaga boleh lah, khutbah kan rukun solat jumat. Kalo ga ada khutbah ya sama saja kaya solat juhur biasa”.

“Nah ntu, makanya gw kira ntu mesjid punya aliran sendiri. Kaya ajaran baru, macam..”

“Hus jangan asal ngomong lu ris, tabayyun dulu”. Potong gw.

Het dah man belum kelar ini ngomongnya”.

Yodeh sok lanjutin atuh”

Jadi gw kira itu mesjid menganut ajaran sesat atau apalah, tapi kan gw penasaran ya, yaudah pas abis solat gw tanya kakek tua di sebelah gw, kaya begini: 

kong (engkong), kok ini mesjid tadi solat kaga ada khutbahnya ya? memang ajarannya ape sih?”

“Hus tiati kalo ngomong dek, bukannya kagak ada, tapi kamu yang tidur dari awal sebelum khatib naik mimbar sampe iqomat”. Jawab kakek tua itu dengan terbatuk-batuk.

“Hah masa si kong?”bela Aris spontan.

“Kamu tanyain deh orang di sebelah kamu, di sebelahnya lagi dan sebelahnya lagi terus sampe pojok. Kalo kamu ntu tadi TIDUR!”. semprotnya lagi. 

Seketika ekspresi wajah Aris berubah menjadi manusia terkampvret yang sudah biasa gw liat sebelumnya kalau habis ngerjain gue. Gw udah serius-serius dengerin gak taunya cuma degalan dia doang.

“Dasar manusia edan, cicak rowo, kecebong aer, biku spongebob, gw udeh ciyus-ciyus nyimak, gak taunya. Heuh!” cerca gw sambil negelepar bantal ke mukanya.

 “Hahah 1-0 kakaaa.....”. jawab Aris sambil tertawa terpingkal-pingkal.

Guys, inget ya! Solat jumat berjamaah bagi laki-laki di masjid itu hukumnya wajib. Ingat ya berjamaah di masjid. Artinya ketika kita berjamaah, hendaknya kita mengikuti proses ritual sholat jumat itu dari mulai berangkat menuju masjid, duduk tenang di shof, mendengarkan khatib di mimbar, hingga solat berjamaah yang dipimpin oleh imam. Kewajiban hukum ini diambil berdasarkan al-qur’an, as sunnah, dan ijma’ atau kesepaktan para ulama. Dalilnya adalah surat al jumu’ah ayat 9 yang berbunyi: 

“Hai orang orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan sholat jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Alloh dan tinggalkanlah jual beli”. 

Rasululloh Shallallohu alaihi wa sallam juga bersabdha : 

“Jumatan adalah hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjamaah, selain atas empat golongan, yakni budak sahaya, wanita, anak kecil, atau orang yang sakit”. (HR. Abu Daud) 


Juga hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
إذا قلت لصاحبك يوم الجمعة أنصت والإمام يخطب فقد لغوت

Artinya: “Jika engkau berkata kepada temanmu pada hari jum’at, ‘diam dan perhatikanlah’, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka engkau telah berbuat sia-sia.” (HR. Al-Bukhari)

Namun, fenomenanya sekarang banyak laki-laki yang lalai terhadap kewajiban solat jumat. Bahkan sampai meninggalkannya. Nau’udzu billah min dzalik. Kaya tadi siang, sebelum berangkat ke mesjid gw sempet perhatiin beberapa anak SMA yang masih menggenakan seragam sekolah, dari SMA islam pula, berbondong-bondong menghampiri warteg Amang di deket komplek gw, berhubung kalo ke mesjid gw lewatin warteg itu, jadi gw tahu tuh orang-orang yang ada di sana. Gw sih husnudzon saja kalau mereka hanya sekedar membeli air atau makan dan setelah itu bergegas menuju masjid. Tapi nyatanya setelah gw balik dari masjid, bocah-bocah itu masih tetap di sana sambil merokok dengan wajah sumringah tanpa dosa. 
Hati kecil gw setengah berbisik “ini bocah-bocah solat jumat apa kagak ya? kok masih nongkrong aje di warteg? sambil ngerokok lagi, atau barangkali mereka solat terus langsung terbirit-birit ke warteg lagi tuk menunaikan hajat perutnya?”. Imbuh gw ngilangin prasangka buruk terhadap mereka. Karena prasangka buruk itu sedusta-dustanya perkataan. 

Entah terlepas solat atau tidaknya mereka, gw kagak tahu persis, yang tahu cuma Alloh, bocah-bocah tersebut dan kang wartegnya.  Sebagai sesama muslim, kita harus saling mengingatkan dan beramar ma’ruf nahi mungkar. Hilangkan sikap apatisme atau acuh tak acuh pada diri kita ketika melihat perkara Tuhan dilanggar. Dakwah itu gak mesti koar-koar di atas mimbar atau dengan mengisi kajian/tabligh akbar semata. Tetapi dakwah bisa dengan haal (keadaan) dan dengan kitabah (tulisan). Dan yang gw mampu saat ini menanggapi fenomena tersebut ya dengan tulisan. Meskipun ilmu gw masih sangat minim, tapi gw  berusaha tuk mengamalkan hadits Rasul yang berbunyi :

     {    بلغواعني ولو اية    }
“sampaikanlah dariku {ilmu}walau satu ayat”.

Kemuliaan dan keberkahan solat jumat.
Nah guys, setelah menghetahui kewajiban solat jumat, maka kita juga harus tahu kemukiaan dan keberkahan solat jumat. Tujuannya agar kita bisa lebih termotoivasi tuk menjalankan kewajiban ini.

1. Di antara keberkahan hari Jum’at, bahwa di dalamnya terdapat waktu-waktu dikabulkannya do’a.
 Dalam ash-Shahihain terdapat hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu   ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“‘Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu.”

2.  Orang yang menunaikan shalat Jum’at sesuai dengan tuntunan adab dan tata cara yang benar, maka dosa-dosanya yang ter-jadi antara Jum’at tersebut dengan Jum’at sebelumnya akan diampuni.
Sebagaimana disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dari Salman al-Farisi Radhiyallahu anhu. Dia mengatakan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 
“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jum’at tersebut dan ke Jum’at berikutnya.”

3. Terdapat keutamaan yang besar bagi siapa saja yang bersegera pergi ke masjid lebih pagi untuk shalat Jum’at. Dalam ash-Shahihain terdapat hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid, maka seakan-akan berkurban dengan unta yang gemuk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan sapi betina, dan barangsiapa pergi pada jam yang ketiga, maka seakanakan ia berkurban dengan domba yang bertanduk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang keempat seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam, dan barangsiapa yang pergi pada jam kelima, maka seakan-akan ia berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/peringatan)."

4. Hari Jum’at  merupakan hari berkumpulnya kaum Muslimin.
Hari ini merupakan hari berkumpulnya kaum Muslimin dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan se-belumnya mendengarkan dua khutbah Jum’at yang mengandung pengarahan dan pengajaran serta nasihat-nasihat yang ditujukan kepada kaum Muslimin yang kesemuanya mengandung manfaat agama dan dunia.

Maka, sudah sepantasnya seorang Muslim memanfaatkan hari yang mulia dan penuh barakah ini dengan melakukan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah. jangan kaya sepupu gw atau kaya anak-anak sekolah tadi yah gaes. hehe










Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "JUMAT VAROKAH "